Hosting Gratis
Home » , , , » Masjid Kampung Bandan, Saksi Sejarah Penyebaran Islam

Masjid Kampung Bandan, Saksi Sejarah Penyebaran Islam


Jakarta: Masjid Al-Mukarromah. Begitulah nama masjid yang terletak di Jalan Lodan, Kampung Bandan, Jakarta Utara. Dalam bahasa Arab nama masjid bersejarah ini mempunyai arti mulia atau yang dimuliakan.
Masjid ini dididirikan Habib Abdurrahman bin Alwi Asy-Syahtiri pada 1879. Meksi sudah berusia lebih dari dua abad, masjid ini masih terlihat kokoh.
Daya tarik Masjid Al-Mukarromah ini adalah adanya tiga makam ulama besar yang menyebarkan agama Islam pada 1700 di Jakarta.
Ketiga makam ulama tersebut, yakni Habib Muhammad bin Umar Alkudsi, Habib Ali Abdurahman Baalwi dan Habib Abdurrahman bin Alwi Asy-Syatiri. Kabarnya ketiganya merupakan makam ulama tertua di Kota Jakarta.
Selain tiga makam ulama, di masjid ini juga terdapat tiga pohon korma yang kerap berbuah satu tahun sekali. Pada bulan Ramadan tidak sedikit warga yang berziarah ke makam tersebut.
Menurut Habib Alwi bin Ali Asy-Sathri, pengurus masjid kramat Kampung Bandan, Masjid Al-Mukarromah telah tiga kali mengalami pemugaran, namun tanpa menghilangkan bentuk aslinya.
Pada 1972 Pemprov DKI Jakarta menjadikan masjid keramat ini sebagai salah satu cagar budaya. Sejak saat itu setiap dasawarsa, masjid keramat ini dipugar dan dijaga bangunannya agar tetap utuh. Ini supaya menunjukan sebagai masjid yang menjadi saksi sejarah penyebaran Islam di masa penjajahan VOC.

0 Komentar:

Posting Komentar

Sponsor

Copyright© 2012. Diberdayakan oleh Blogger.
Topics :